Jenis Ubur-Ubur Paling Unik Dan Aneh Di Lautan

3 Jenis Ubur-Ubur Paling Unik Dan Aneh Di Lautan

3 Jenis Ubur-Ubur Paling Unik Dan Aneh Di Lautan

LigaIdolaLounge – Jenis Ubur-Ubur Paling Unik Dan Aneh Di Lautan

Haii Sobat Www.LigaIdola.Org. Ubur-ubur merupakan hewan laut yang pastinya tidak asing lagi bagi siapapun.
bentuknya yang menyerupai tudung bertentakel menyebabkan hewan ini amat mudah di bedakan dari hewan-hewan laut yang lain. Namun ubur-ubur juga cukup di takuti oleh manusia karena hewan ini bisa menyebabkan rasa gatal saat tentakelnya disentuh.

Ubur-ubur sendiri terdiri dari begitu banyak spesies. Masing-masing spesies memiliki bentuk dan ukuran yang amat bervariasi.

Berikut ini adalah jenis ubur-ubur paling unik dan aneh yang mungkin belum pernah anda tahu sebelumnya :

1. Ubur-ubur Telur Ceplok ( Cotylorhizatuberculata)

Dengan Melihat bentuknya saja, pembaca pasti sudah bisa menebak mengapa ubur-ubur ini bisa memperoleh nama sebutan demikian. Benar, ubur-ubur telur ceplok memperoleh nama tersebut karena bagian atasnya berbentuk menyerupai telur ceplok.

Tubuhnya yang bundar dengan bagian atas yang nampak menonjol di tengahnya menjadikan ubur-ubur ini nampak seperti menu sarapan favorit banyak orang.

Selain bentuk bagian atasnya yang unik, ubur-ubur ini juga memiliki tentakel yang tak kalah unik. Bagian bawah tubuhnya terlihat seprti rangkaian manik-manik bewarna warni.

habitat utama ubur-ubur ini berada di Laut Mediterania yang terletak di antara Benua Eropa dan Afrika.
Ubur-ubur telur ceplok merupakan hewan berumur pendek yang hanya memiliki usia maksimum enam bulan. Saat Suhu perairannya menurun ketika musim dingin tiba, ubur-ubur ini akan mati.

2. Ubur-Ubur Kristal (Aequorea victoria)

Ubur-Ubur Kristal (Aequorea victoria)

Di Lepas pantai barat Amerika Utara, terdapat ubur-ubur yang bertubuh amat bening di sisi bawah tubuhnya. Di Siang hari saja, ubur-ubur ini sudah terlihat indah. Namun keindahan asli ubur-ubur ini baru terlihat pada malam hari. Pasalnya Saat Kondisi di sekitarnya sudah gelap, ubur-ubur ini bisa menghasilkan cahayanya sendiri.

Jenis Ubur-Ubur Paling Unik Dan Aneh Sepanjang Sejarah

Ubur-ubur ini bisa menghasilkan cahayanya sendiri berikat keberadaan protein penghasil cahaya yang bernama aequorin dan GFP. Aequorin memancarkan cahaya bewarna kebiruan.
Namun saat di kombinasikan dengan GFP, gabungan keduanya akan menghasilkan cahaya bewarna kehijauan. Dengan teknik serupa, ilmuwan berhasil menciptakan tikus yang menghasilkan cahaya bewarna kehijauan.

3. Ubur-ubur Sisir Berperut Darah (Lampocteis cruentiventer)

Ubur-ubur Sisir Berperut Darah (Lampocteis cruentiventer)

Dari segi klasifikasi ilmiah, hewan ini sebenarnya tidak tergolong sebagai ubur-ubur. Jika ubur-ubur tergolong dalam filum Cnidaria, maka ubur-ubur sisir digolongkan dalam filum Ctenophora. Dasarnya adalah karena ubur-ubur sisir tidak memiliki tentakel beracun seperti yang biasa dimiliki oleh ubur-ubur. Namun karena hewan ini memiliki pola hidup yang serupa ubur-ubur, hewan ini pun tetap disebut sebagai ubur-ubur oleh kalangan awam.

Seperti halnya ubur-ubur Cnidaria, ubur-ubur sisir juga hidup melayang di lautan sambil mengandalkan arus air untuk bergerak. Namun ubur-ubur ini juga bisa bergerak secara mandiri dnegan cara menggetarkan silia atau bulu getar yang ada di sisi-sisi tubuhnya. Karena silia ubur-ubur ini juga mengandung cahaya, ubur-ubur ini terlihat berkelap-kelip saat sedang menggunakan silianya.

Tottenham Hotspur  VS Ajax
Tottenham Hotspur VS Ajax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *